Hard Determinism vs Free Will

Premise 1: setiap kejadian harus punya penyebab #principle-of-universal-causation
Premise 2: jika setiap kejadian harus punya penyebab, maka kejadian yang sudah terjadi, haruslah terjadi (must happen). Dengan kata lain, jika kejadian itu harus terjadi, maka tidak mungkin terjadi kejadian lain selain daripada kejadian yang sudah benar-benar terjadi. Terkait dengan tindakan seseorang yang bertanggung jawab terhadap kejadian tersebut, ini berarti seseorang tersebut tidak bisa melakukan sesuatu yg lain selain yang sudah benar2 dia lakukan. #auxiliary-principle

Premise 3: jika tidak seseorang pun bisa melakukan sesuatu selain yang sudah benar2 dia lakukan, maka tidak seorang pun dapat bertindak bebas #principle-of-avoidability-and-freedom.

Oleh karenanya, tidak seorang pun bisa bertindak bebas #denial-of -free-will-theory.

One thought on “Hard Determinism vs Free Will

  1. saya masih anginanginan tenntag keyakinan. masih penuh ragu.masih awam. saya ingin belajar tenntag agama dan memperdalamnya. hingga saya bisa bulat dan yakin tenntag apa yang saya yakini ini. ingin bisa ikhlas dan khusu.ngilangin smua keraguan di hati,hampa ini.shalat saya masih berantakan/belang betong.saya harus mulai dari mana? buku apa yg harus saya baca?terima kasih.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *