Permasalahan Presepsi

Permasalahan terkait presepsi, secara singkat dapat dinyatakan sebagai berikut:

Jika semua dunia fisik yang ada di sekitar kita adalah suatu realitas external yang independen dari keberadaan kita, dan keberadaannya ada di ruang dan waktu yang juga eksis independen dari kita, dan bahwa pengetahuan kita terhadap dunia tersebut adalah hasil interaksi indera kita dengan dunia fisik tersebut yang mana melalui interaksi tersebut, muncullah penyimpulan dalam otak kita terhadap keberadaan dunia tersebut (presepsi), maka pertanyaannya adalah: bagaimana kita bisa yakin bahwa presepsi tersebut benar-benar berkorespondensi dengan realitas sebenarnya dari dunia fisik tersebut? Bukankah sering terbukti bahwa indera kita sering salah?

Untuk membuktikan kebenarannya, kita harus membandingkan dengan realita aslinya. Tapi persoalannya, kita tidak punya akses terhadap realitas aslinya. Kita hanya punya akses terhadap salinannya, yang bahkan dari salinan tersebut, kita menarik kesimpulan terhadap keberadaan realitas aslinya.

Kesalahan presepsi sudah umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Seekor ular di atas meja yang kita prsepsikan, ternyata adalah sebuah lukisan tiga dimensi yang sangat sempurna. Warna-warna berubah-ubah tergantung pencahayaan dan sudut pandang. Jadi, bagaimana kita bisa yakin bahwa apa yang kita ketahui selama ini tidak keliru?

Lagipula, apa yang kita 'ketahui' sebagai hasil proses otak kita terhadap pencerapan indra kita, apakah benar-benar merupakan realitas tersebut atau hanya sifat-sifatnya saja? Hanya kualitas-kualitas dari objek realitas tersebut? Objek realitas nya sendiri tidak pernah kita ketahui dan fahami. Apakah yang dimaksud dengan 'harimau'? Apakah sesuatu yang bertaring, berbulu loreng, pemakan daging? Berapa banyak kualitas / sifat yang harus kita sebut untuk 'mendefinisikan' realitas harimau? Yang sedang kita bicarakan ini adalah harimau atau sifat-sifat harimau? Jadi apa sebenarnya harimau itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *