Skip to content

Deklarasi dan Inisialisasi Variabel Go Lang

Go Lang adalah static typed language. Artinya, type variable akan di periksa sebelum eksekusi. Jika ada penggunaan variabel yang salah (beda type antara variabel dan 'nilai' variabel), maka program tidak akan bisa di eksekusi (error).

Ada 4 cara untuk men-deklarasi dan meng-inisialisasi variabel dalam Go Lang.

  • s := ""
  • var s string
  • var s = ""
  • var s string = ""

Cara deklarasi pertama ( s := ""), disebut Short Variable Declaration. Dwngan short variable declaration, suatu variabel di-deklarasikan dan sekaligus di-inisialisasi nilai secara eksplisit (Declare & Initialize).

Cara deklarasi kedua ( var s string ), type variabel di deklarasi secara eksplisit (string). Sedangkan nilai awal di inisialisasi secara implisit, yakni bernilai empty type string, yang dalam hal ini adalah "".

Cara deklarasi ketiga, type variabel di deklarasikan secara implisit sebagai type string, sesuai dengan nilai awal yang di-inisialisasi secara eksplisit, yakni "".

Cara deklarasi ke-empat, adalah gabungan antara cara kedua dan ketiga. Dan ini jarang digunakan, karena redundant.

Dalam prakteknya, para programmer Go biasanya menggunakan cara kesatu dan kedua. Inisialisasi Eksplisit (cara 1), menunjukkan bahwa nilai awal adalah penting. Sedangkan Inisialisasi Implisit (cara 2), menunjukkan bahwa nilai awal tidak penting.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

shares