Skip to content

Press Release Gerai Pintar LPD Kesiman

Memasuki era ekonomi digital, dimana semua kegiatan ekonomi mulai bergeser menjadi serba digital, maka LPD sebagai lembaga yang selama ini mempunyai peran penting dalam perekonomian krama Bali, mau tidak mau, suka tidak suka, harus menyesuaikan diri. LPD harus melakukan digitalisasi, baik digitalisasi proses, digitalisasi pelayanan maupun digitalisasi usaha (bisnis). LPD harus melakukan transformasi digital.

Sebagai lembaga keuangan yang menyelenggarakan layanan keuangan, maka proses digitalisasi pertama dan utama yang dilakukan oleh LPD tentunya terkait dengan layanan keuangan, yakni penyelenggaraan layanan keuangan berbasis digital. LPD harus mengembangkan FINTECH, financial technology.

Terkait digitalisasi layanan keuangan digital (fintech), LPD Kesiman sudah meluncurkan aplikasi mobile m-pisa (LPD Mobile). Melalui aplikasi LPD mobile m-pisa, nasabah LPD Kesiman bisa meng-akses dan menikmati berbagai layanan keuangan LPD Kesiman secara realtime, online, 24 jam, melalui aplikasi di smartphone. Berbagai layanan yang saat ini sudah bisa dinikmati diantaranya:

  • informasi saldo dan mutasi rekening tabungan
  • informasi saldo dan riwayat kredit
  • informasi saldo deposito
  • transfer / pindah buku antara rekening di LPD
  • transaksi pembayaran tagihan (bill payment) online (PLN, Telkom, BPJS, PDAM, dll)
  • transaksi pembelian (purchase) berbagai product digital (pulsa prepaid PLN, pulsa HP, paket data)
  • transfer ke rekening bank
  • top-up ewallet (Ovo, GoPay)

Namun demikian, LPD Kesiman menyadari, bahwa tantangan lembaga keuangan di era ekonomi digital ini, bukan semata bisa di selesaikan dengan hanya membangun dan mengembangkan layanan keuangan digital (fintech). Tantangan utamanya adalah bagaimana agar layanan keuangan yang sudah di-digitalisasi ini menjadi layanan keuangan yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan nasabah, sehingga layanan keuangan digital LPD benar-benar bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi nasabah LPD.

Berkaca dari pengalaman berbagai layanan keuangan digital yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga keuangan lain, kami melihat bahwa, meskipun berbagai layanan keuangan digital sudah dikembangkan oleh berbagai lembaga keuangan, namun demikian, layanan keuangan digital yang populer ternyata hanya dikuasai oleh 1-2 layanan keuangan digital (gopay, ovo). Kami menyimpulkan bahwa kunci sukses layanan keuangan di era digital bukan SEMATA DIGITALISASI layanan keuangan. Tapi, harus juga dibangun ‘underlying transaction’ nya. Harus dibangun berbagai kegiatan ekonomi, berbagai kegiatan komersial yang mana semua transaksi keuangannya bisa dilayani oleh layanan keuangan digital LPD. Tidak sebatas hanya bayar tagihan PLN, telkom, BPJS, pulsa. Inilah yang mendasari munculnya gagasan Gerai Pintar LPD.

Gerai Pintar LPD adalah bagian dari upaya LPD Kesiman untuk memperkuat layanan keuangan digital LPD. Melalui gerai pintar LPD, kita membangun dan mendorong berbagai kegiatan ekonomi, berbagai transaksi (underlying transaction), dimana semua transaksi keuangannya dilakukan melalui layanan keuangan digital (fintech) LPD. Melalui LPD Mobile m-pisa, melalui QRCode LPD, melalui Smartcard LPD.

Gerai pintar juga menjadi bagian dari strategi LPD untuk memperluas jaringan pelayanan dan ‘kehadiran’ LPD ke nasabah dan krama Bali. Layanan LPD tidak lagi dibatasi oleh jam kerja LPD. Layanan-layanan keuangan LPD, mulai dari pembukaan rekening, setoran tabungan, penarikan tabungan, pengajuan kredit dan transfer rekening, semuanya bisa dilakukan melalui gerai-gerai pintar LPD.

Gerai pintar juga menjadi bagian dari kontribusi LPD dalam membangun, mengembangkan dan memperkuat (men-digitalisasi) UMKM-UMKM krama Bali, khususnya dalam meng-antisipasi berubahnya model bisnis akibat digitalisasi ekonomi. Melalui Gerai Pintar LPD, UMKM-UMKM ber-transformasi menjadi UMKM-UMKM digital. Warung-warung tradisional milik krama Bali, tidak lagi sebatas melayani penjualan barang-barang FISIK (OFFLINE) yang ada di stock etalase nya, tapi juga melayani penjualan barang-barang secara ONLINE, yang ada di etalasi-etalasi DIGITAL yang ada di smartphone aplikasi gerai pintar LPD.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

shares